1. Apa
cell animation dan mengapa disebut cell animation?
Cell
(Celluloid) adalah lembaran transparan pada objek yang digambar atau dicat
untuk animasi tradisional, hand-drawn animation. Kata "cell" yang
berasal dari kata celluloid merupakan material yang digunakan untuk membuat
film gambar bergerak.
Celluloid
yang sebenarnya terdiri dari selulosa nitrat dan kapur barus yang digunakan
pertama kali pada pertengahan abad ke 20, tapi karena mudah terbakar dan
dimensi yang tidak stabil lalu digantikan oleh selulosa asetat. Cell Animation
biasanya merupakan lebaran - lembaran yang membentuk sebuah frame animasi.
Lembaran - lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar
kembali bagian - bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan.
Disebut cell animation karena teknik pembuatannya dilakukan pada celluloid
transparent.
2. Mengapa disebut cell animation ?
Karena Animasi sel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal dan pada masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi, Digambar pada celluloid sheets (sehingga dinamakan Cel animation) yang sekarang digantikan oleh layer-layer digital.
Karena Animasi sel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal dan pada masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi, Digambar pada celluloid sheets (sehingga dinamakan Cel animation) yang sekarang digantikan oleh layer-layer digital.
3. Bagaimana cell animation
diciptakan?
Animasi
cel diciptakan oleh Earl Hurd dan John Bray pada tahun 1914. Cell animation
dibuat untuk mempermudah pembuatan animasi, karena sebelum cell animation ada,
setiap pembuatan film animasi harus melewati pembuatan bingkai, background, dan
karakter yang harus dibuat secara berulang-ulang. Contohnya seperti Dinosaurs
Gertie yang dibuat oleh McCay dan menghabiskan selama 3 tahun untuk durasi
waktu 6 menit. Setelah satu tahun,proses pembuatan animasi menggunakan cell
animation mulai digunakan di industri pembuatan animasi, contohnya adalah Walt
Disney yang membuat film Snow White And Seven Dwarfs yang merupakan film
panjang pertama yang menggunakan cell animation.
4.
Bagaimana cara kerja cell animation?
Pada
umumnya, karakter yang di gambar pada cell lalu diletakkan di atas background
yang statis/diam. Hal ini dapat mengurangi jumlah gambar yang harus digambar
ulang dan dapat membagi pekerjaan disetiap produksinya. Teknik ini juga dapat
mengurangi jumlah biaya produksi.
Teknik
ini ditemukan oleh Earl Hurd, dan dipatenkan pada tahun 1914. Dulunya mereka
menggambar garis sketsa di sisi depan cel sedangkan mewarnainya di sisi blakang
cel, namun sejak tahun 1960an proses ini diganti dengan teknik xerografi atau
teknik fotocopy. Ini merupakan teknik penting lain yang dikembangkan oleh
Caster Carlson di Animation Photo Transfer Process, Pertama kali ditunjukan di
The Black Cauldron pada tahun 1985.
Tidak setiap detail dari film
animasi sel baru ditarik ke setiap frame. Jika ini begitu, film animasi sel
akan mengambil lebih lama untuk menghasilkan. Itu umum bagi animator untuk
membuat piring latar belakang. Sebuah piring latar belakang latar belakang
digambar tangan yang digunakan kembali untuk beberapa adegan. Animator sering
digunakan kembali gambar, khususnya gambar karakter berjalan, karena akan
sangat tidak efisien untuk redraw sesuatu yang begitu berulang-ulang.
5. Apa yang dimaksud
dengan layer
Layer
merupakan kumpulan atau lapisan yang berfungsi sebagai penempatan suatu objek,
atau bisa juga di sebut sebagai kanvas untuk sebuah objek. Layer sangat
membantu untuk pengeditan objek tertentu, dengan adanya layer kita akan lebih
mudah mengedit suatu objek tanpa menggangu objek lainya, hal ini jika kita
membuat objek lebih dari satu
Anda dapat mengatur komposisi layers
dengan cara mengubah atribut dan urutan layers. Sebagai tambahan, corak khusus
seperti adjustment layers, fill layers, dan layers style dapat diterapkan untuk
memberikan efek khusus pada layer.
6. Bagaimana
penggunaan layer dalam cell animation ?
Layer berguna sebagai tempat untuk meletakkan sebuah objek. Di dalam layer, kita tidak hanya meletakkan satu objek, namun kita dapat meletakkan banyak objek secara bersamaan. Apabila kita membuat dua objek dan masing-masing dalam 2 layer dan 2 objek tersebut bersentuhan, maka akan tampak gambar tersebut saling bertumpukan.
Layer berguna sebagai tempat untuk meletakkan sebuah objek. Di dalam layer, kita tidak hanya meletakkan satu objek, namun kita dapat meletakkan banyak objek secara bersamaan. Apabila kita membuat dua objek dan masing-masing dalam 2 layer dan 2 objek tersebut bersentuhan, maka akan tampak gambar tersebut saling bertumpukan.
7. Apa
saja contoh penggunaan cell animation ?
Spongebob merupakan salah satu dari beberapa kartun yang mengunakan cell animation pada pengerjaannya dan background plate sebagai alat bantu produksinya. Sekarang cell animation digunakan sebagian dalam periklanan, web desain, game dan kartun itu sendiri.
Contoh film cell animation antara lain : Pinocchio, Akira , Spongebob Squarepants.
Spongebob merupakan salah satu dari beberapa kartun yang mengunakan cell animation pada pengerjaannya dan background plate sebagai alat bantu produksinya. Sekarang cell animation digunakan sebagian dalam periklanan, web desain, game dan kartun itu sendiri.
Contoh film cell animation antara lain : Pinocchio, Akira , Spongebob Squarepants.
Animasi,
atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil
dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal
penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang
kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan
bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat
mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3
dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Proses
pembuatan animasi ada dua proses pembuatan film animasi, diantaranya adalah
secara konvensional dan digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan
dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan.
Sedangkan untuk hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan
proses konvensional.
·
Tehnik
konvensional
Teknik
Celluloid (kadang-kadang disebut cell saja) ini merupakan teknik mendasar dalam
pembuatan film animasi klasik. Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan
maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang
tembus pandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement. Setelah
selesai film tersebut akan direkam dengan kamerakhusus, yaitu multiplane camera
di dalam ruangan yang serba hitam.
Objek utama yang mengeksploitir
gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan
demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya
sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
Perkembangan
animasi semenjak munculnya perkembangan pertelevisian.Pada awalnya diciptakan
animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Realisasi nyata dari perkembangan
animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun.
Pembuatan animasi film kartun
tersebut pada awalnya dikerjakan dengan membuat sketsa gambar yang digerakkan
satu demi satu, jadi kesimpulannya animasi merupakan suatu gambar objek yang
dapat bergerak. Pedesain animasi di computer yang lebih umum disebut dengan
animator, hanya perlu menganimasikan objek antarkeyframe tidak perlu lagi
membuat animasi frame demi frame seperti dalam pebuatan animasi gambar demi
gambar dalam pembuatan kartun film konvensional.sedangkan frame – frame antar keyframe
tersebut akan diterjemahkan sendiri oleh computer menjadi sebuah gerakan
seperti yang diinginkan animator.Perkembangan dunia animasi computer sekarang
sudah sangat pesat, apalagi sejak diciptakannya animasi berbasis tiga dimensi (
3D Animation) yang mempunyai ukuran panjang,lebar,dan tinggi ( Z-axis) maka
objek dan pergerakkannya hampir mendekati kenyataan aslinya.Hanya saja objek
tersebut dibuat dunia maya (Virtual reality). Perkembangan ini juga dilengkapi
dengan berbagai perangkat lunak yang mendukung seperti misalnya Macromedia
flash,GIF animation dan corel Rave sebagai software – software pendukung
animasi dua dimensi sedangkan 3D MAX Studio,Alias Wave Front AMA,Light Wave,dan
cinema 4D, sebagai software –software inti popular pendukung animasi 3 dimensi.
·
Tehnik
digital
Setelah
perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan animasi 2
dimensi menjadi lebih mudah. Yang sangat nyata dirasakan adalah kemudahan dalam
proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari
perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan
mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan
cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik
konvensional, setiap detail kesalahan kadang-kadang harus diulang kembali dari
awal.
9. Bagaimana perkembangan cell
animation ?
Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan animasi 2 dimensi menjadi lebih mudah. Yang sangat nyata dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara / dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik konvensional, setiap detail kesalahan kadang-kadang harus diulang kembali dari awal. Saat ini pembuatan animasi sel sudah tidak menggunakan cara dan bahan yang manual dan sederhana. Sudah banyak program-program yang dibuat untuk mendukung pembuatan animasi dengan tekhnik sel animasi ini, contohnya adalah Adobe Flash.
Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan animasi 2 dimensi menjadi lebih mudah. Yang sangat nyata dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara / dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik konvensional, setiap detail kesalahan kadang-kadang harus diulang kembali dari awal. Saat ini pembuatan animasi sel sudah tidak menggunakan cara dan bahan yang manual dan sederhana. Sudah banyak program-program yang dibuat untuk mendukung pembuatan animasi dengan tekhnik sel animasi ini, contohnya adalah Adobe Flash.
10.
Bagaimana perkembangan teknologi untuk mendukung cell animation ?
Dengan adanya perkembangan tekhnologi yang ada saat ini, membuat pembuatan animasi sel lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan juga cenderung lebih sedikit. Hal ini dikarenakan materi yang diperlukan dalam pembuatan juga lebih sedikit. Dulu, pembuatan sel animasi saat masih menggunakan barang yang sederhana, memerlukan waktu, tenaga dan bahan yang lebih banyak dibandingkan dengan saat ini dengan menggunakan animasi komputer, karena dengan menggunakan animasi komputer waktu pembuataan juga lebih singkat dan tenaga yang diperlukan juga lebih sedikit karena tidak memerlukan tahap pembuatan manual dan pewarnaanya sendiri.
Dengan adanya perkembangan tekhnologi yang ada saat ini, membuat pembuatan animasi sel lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan juga cenderung lebih sedikit. Hal ini dikarenakan materi yang diperlukan dalam pembuatan juga lebih sedikit. Dulu, pembuatan sel animasi saat masih menggunakan barang yang sederhana, memerlukan waktu, tenaga dan bahan yang lebih banyak dibandingkan dengan saat ini dengan menggunakan animasi komputer, karena dengan menggunakan animasi komputer waktu pembuataan juga lebih singkat dan tenaga yang diperlukan juga lebih sedikit karena tidak memerlukan tahap pembuatan manual dan pewarnaanya sendiri.





0 komentar:
Posting Komentar