RSS Contact

Senin, 15 Juli 2013

Animasi Komputer

1)      Apa yang dimaksud dengan animasi komputer?
2)      Bagaimana animasi komputer diciptakan?
3)      Kapan animasi komputer mulai ada?
4)      Bagaimana cara kerja animasi komputer?
5)      Konsep dasar apa saja yang digunakan dalam penciptaan animasi komputer?
6)      Animasi komputer dibagi dalam berapa tipe dan jenis?
7)      Apa tipe dan jenis animasi komputer?
8)      Apa saja contoh penggunaan animasi komputer?
9)      Digunakan dalam bidang apa saja animasi komputer itu?
10)   Bagaimana perkembangan animasi komputer?
11)   Bagaimana perkembangan teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi komputer?
1)      Apakah yang dimaksud dengan timeline dalam animasi?
2)      Apa satuan yang digunakan dalam timeline?
3)      Komponen apa saja yang ada dalam timeline?
4)      Apa yang dimaksud dengan keyframe?
5)      Apa perbedaan keyframe dengan blank keyframe?
6)      Bagaimana keterkaitan antara layer dan frame dalam sebuah timeline?
7)      Apa yang dimaksud dengan tweening?
8)      Apa fungsi dari tweening dalam animasi?
9)      Bagaimana cara kerja tweening?
10)   Apa saja jenis tweening yang ada?
11)   Apa perbedaan dari jenis tweening yang ada?
12)   Apa yang dimaksud dengan masking?
13)   Apa yang dimaksud dengan masking layer?
14)   Apa fungsi dari masking dalam animasi?
15)   Bagaimana cara kerja masking?
16)   Apa itu movie clip depth level?
17)   Bagaimana keterkaitan timeline antar movie clip?
18)   Bagaimana hubungan layer dan frame dengan movie clip depth level?


1.     Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan sebahagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada.

2.     animasi komputer diciptakan dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu utamanya

3.     animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995),



4.     Cara kerja animasi computer mulai dari Pra-produksi (Konsep, Skenario, Pembentukan karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX), Produksi (Lay out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring), hingga Post-produksi (Compo­site, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya) dilakukan seseorang dengan banyak bantuan komputer, teknik animasi sel diadopsi dalam animasi komputer, kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya deprogram menjadi frame di komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame.


5.     A. Manual.
Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator.Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti cars, nemo, toy story, dan lainnya. karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu adalah hasil rekaan manusia. dan tentu sudah di lebih-lebihkan (juga prinsip animasi yang lain)
B. Motion Capture
Adalah metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital kita. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya. misalnya pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film dengan spesial efek, seperti Lord of the ring, Last samurai
C. Dynamic simulation
Metode ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan. lalu disimulasikan secara realtime. terdapat beberapa penghitungan sebelum objek di animasikan, misalnya berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lain sebagainya. contoh animasi yang menggunakan metode ini: animasi bola jatuh, kain, percikan air, benda hancur, rambut dll
D. Particle
Adalah sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.

6.     Animasi komputer dibagi dalam 2 tipe yaitu  tipe 2 dimensi dan 3 dimensi, 2 jenis yaitu hitam putih dan berwarna.

7.     2 tipe yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi, 2 jenis yaitu hitam-putih dan berwarna

8.     Contoh penggunaan animasi computer adalah seperti pada film animasi, iklan animasi, game animasi, pembelajaran dengan animasi, simulasi dengan animasi.

9.     animasi computer digunakan dalam berbagai bidang seperti perfileman, periklanan, pembelajaran/pendidikan, game, dan lainnya

10.  Dalam perkembangan animasi komputer dari proses menggambar manual lambat laun jarang digunakan karena sudah ada metode pembuatan animasi komputer dengan model asli. Teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi  antara lain adalah teknologi Computer-Generated Imagery (CGI)

11.  perkembangan teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi komputer semakin canggih saja  terbukti Teknologi CGI 3D berhasil memukau publik melalui film Jurrasic Park karya Stephen Spielberg, pada tahun 1993.

12.  Diagram yang menggambarkan sekumpulan frame yang digunakan untuk mengatur animasi flash movie.

13.  Satuan yang digunakan dalam timeline adalah frame per second atau fps

14.  Komponen dalam timeline : playhead, keyframe, header, ikon guide layer, tampilan menu timeline, animasi frame by frame, animasi tween.

15.  Keyframe merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menaruh objek. 

16.  blank keyframe adalah keyframe yang tidak memiliki gambar/objek didalamnya. diumpamakan seperti kertas hvs yang kosong melompong, polos, suci, tanpa kotoran bahkan tidak ada 1 titikpun disana. Sedangkan keyframe adalah frame kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang berisi gambar.

17.  Layer merupakan lapisan yang berfungsi untuk memudahkan proses dari sebuah desian pada proses editing, sedangkan frame adalah bagian dari layer yang berfungsi untuk memberikan focus kepada objek utama atau menambah kedalaman.

18.  Tweening adalah titik dalam membuat animasi shaping dengan menggunakan aplikasi macromedia flash.

19.  Menggerakan objek dari satu tempat ketempat lain atau mengubah ukuran objek tersebut.

20.  Prinsip kerjanya hanya perlu membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis.

21.  Shape tweening dan motion tweening

22.  Shape tweening : digunakan untuk animasi perubahan bentuk objek

Motion tweening : digunakan untuk membuat animasi bergerak dari satu tempat ke tempat lain

23.  Diambil dari kata “mask” yaitu untuk Menutupi, menyamarkan atau mengcover sebuah layer.

24.  Cara yang digunakan untuk menampilkan objek yang berada didalam layer yang di masked berdasarkan area yang bersimpangan dengan objek yang berada pada layer mask.

25.  untuk menyembunyikan objek lain dengan menutupi objek tersebut, sehingga objek yang menutupi akan terlihat transparan. 

26.  Prinsip kerja dari Animasi Mask adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyenbunyikan bidang yang terbuka.

27.  Movie clip depth level adalah suatu wadah untuk menaruh objek.

28.  Movie clip merupakan simbol yang juga mempunyai timeline nya sendiri. Ketika sebuah simbol movie clip di klik dua kali maka akan muncul timeline dari movie clip tersebut. Di dalam timeline ini, dibuatlah beberapa gerakan yang hendak dilakukan oleh gambar yang dimaksud. jika kita kembali ke timeline utama kita maka hanya dengan satu frame saja, sebuah movie clip sudah bergerak sesuai dengan gerakan yang dibuat di timeline movie clip tadi.


29.  Layer dan dan frame merupakan bagian dari timeline, jadi hubungan antara layer, frame dengan movie clip sama dengan hubungan timeline dengan movie clip.

0 komentar:

Posting Komentar