1) Apa yang dimaksud dengan animasi komputer?
2) Bagaimana animasi komputer diciptakan?
3) Kapan animasi komputer mulai ada?
4) Bagaimana cara kerja animasi komputer?
5) Konsep dasar apa saja yang digunakan dalam penciptaan
animasi komputer?
6) Animasi komputer dibagi dalam berapa tipe dan jenis?
7) Apa tipe dan jenis animasi komputer?
8) Apa saja contoh penggunaan animasi komputer?
9) Digunakan dalam bidang apa saja animasi komputer itu?
10) Bagaimana perkembangan animasi komputer?
11) Bagaimana perkembangan teknologi yang digunakan untuk
mendukung animasi komputer?
1) Apakah yang dimaksud dengan timeline dalam animasi?
2) Apa satuan yang digunakan dalam timeline?
3) Komponen apa saja yang ada dalam timeline?
4) Apa yang dimaksud dengan keyframe?
5) Apa perbedaan keyframe dengan blank keyframe?
6) Bagaimana keterkaitan antara layer dan frame dalam sebuah
timeline?
7) Apa yang dimaksud dengan tweening?
8) Apa fungsi dari tweening dalam animasi?
9) Bagaimana cara kerja tweening?
10) Apa saja jenis tweening yang ada?
11) Apa perbedaan dari jenis tweening yang ada?
12) Apa yang dimaksud dengan masking?
13) Apa yang dimaksud dengan masking layer?
14) Apa fungsi dari masking dalam animasi?
15) Bagaimana cara kerja masking?
16) Apa itu movie clip depth level?
17) Bagaimana keterkaitan timeline antar movie clip?
18)
Bagaimana hubungan
layer dan frame dengan movie clip depth level?
1.
Animasi komputer adalah seni menghasilkan
gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan sebahagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak
dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada.
2.
animasi
komputer diciptakan dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu utamanya
3.
animasi
komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi
komputer mulai terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995),
4.
Cara
kerja animasi computer mulai dari Pra-produksi (Konsep, Skenario, Pembentukan
karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX), Produksi (Lay out, Key
motion, In Between, Background, Scanning, Coloring), hingga Post-produksi
(Composite, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa
VCD, DVD, VHS dan lainnya) dilakukan seseorang dengan banyak bantuan komputer,
teknik animasi sel diadopsi dalam animasi komputer, kertas gambar dalam
pembuatan sebelumnya deprogram menjadi frame di komputer, jadi yang semula
kumpulan gambar menjadi kumpulan frame.
5.
A.
Manual.
Metode
ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. seluruh gerakan dibuat dengan
insting dan skill animator.Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya
kartun, seperti cars, nemo, toy story, dan lainnya. karena sifat gerak dari
karakter yang ada disitu adalah hasil rekaan manusia. dan tentu sudah di
lebih-lebihkan (juga prinsip animasi yang lain)
B.
Motion Capture
Adalah
metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan
geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital
kita. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya. misalnya
pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film
dengan spesial efek, seperti Lord of the ring, Last samurai
C.
Dynamic simulation
Metode
ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan.
lalu disimulasikan secara realtime. terdapat beberapa penghitungan sebelum
objek di animasikan, misalnya berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan,
kekuatan angin dan lain sebagainya. contoh animasi yang menggunakan metode ini:
animasi bola jatuh, kain, percikan air, benda hancur, rambut dll
D.
Particle
Adalah
sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah
pola. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung,
dan sebagainya.
6.
Animasi
komputer dibagi dalam 2 tipe yaitu tipe 2 dimensi dan 3 dimensi, 2 jenis
yaitu hitam putih dan berwarna.
7.
2 tipe yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi, 2 jenis yaitu hitam-putih dan
berwarna
8.
Contoh
penggunaan animasi computer adalah seperti pada film animasi, iklan animasi,
game animasi, pembelajaran dengan animasi, simulasi dengan animasi.
9.
animasi
computer digunakan dalam berbagai bidang seperti perfileman, periklanan,
pembelajaran/pendidikan, game, dan lainnya
10.
Dalam
perkembangan animasi komputer dari proses menggambar manual lambat laun jarang
digunakan karena sudah ada metode pembuatan animasi komputer dengan model asli.
Teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi antara lain adalah
teknologi Computer-Generated Imagery (CGI)
11.
perkembangan
teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi komputer semakin canggih
saja terbukti Teknologi CGI 3D berhasil memukau publik melalui film
Jurrasic Park karya Stephen Spielberg, pada tahun 1993.
12.
Diagram yang menggambarkan sekumpulan frame yang digunakan untuk
mengatur animasi flash movie.
13.
Satuan yang digunakan dalam timeline adalah frame per second atau fps
14.
Komponen dalam timeline : playhead, keyframe, header, ikon guide layer,
tampilan menu timeline, animasi frame by frame, animasi tween.
15. Keyframe merupakan suatu tempat
yang digunakan untuk menaruh objek.
16. blank keyframe adalah keyframe yang tidak memiliki gambar/objek
didalamnya. diumpamakan seperti kertas hvs yang kosong melompong, polos, suci,
tanpa kotoran bahkan tidak ada 1 titikpun disana. Sedangkan keyframe adalah
frame kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang
berisi gambar.
17.
Layer merupakan lapisan yang
berfungsi untuk memudahkan proses dari sebuah desian pada proses editing,
sedangkan frame adalah bagian dari layer yang berfungsi untuk memberikan focus
kepada objek utama atau menambah kedalaman.
18.
Tweening adalah titik dalam
membuat animasi shaping dengan menggunakan aplikasi macromedia flash.
19.
Menggerakan objek dari satu
tempat ketempat lain atau mengubah ukuran objek tersebut.
20. Prinsip kerjanya hanya perlu membuat objek pada
frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat
secara otomatis.
21. Shape
tweening dan motion tweening
22. Shape
tweening : digunakan untuk animasi perubahan bentuk objek
Motion
tweening : digunakan untuk membuat animasi bergerak dari satu tempat ke tempat
lain
23. Diambil
dari kata “mask” yaitu untuk Menutupi, menyamarkan atau mengcover sebuah layer.
24. Cara
yang digunakan untuk menampilkan objek yang berada didalam layer yang di masked
berdasarkan area yang bersimpangan dengan objek yang berada pada layer mask.
25. untuk menyembunyikan objek lain dengan
menutupi objek tersebut, sehingga objek yang menutupi akan terlihat transparan.
26. Prinsip kerja
dari Animasi Mask adalah
menampilkan bidang yang tertutup dan menyenbunyikan bidang yang terbuka.
27. Movie clip depth level adalah suatu wadah
untuk menaruh objek.
28. Movie clip merupakan
simbol yang juga mempunyai timeline nya sendiri. Ketika sebuah simbol movie
clip di klik dua kali maka akan muncul timeline dari movie clip tersebut. Di
dalam timeline ini, dibuatlah beberapa gerakan yang hendak dilakukan oleh
gambar yang dimaksud. jika kita kembali ke timeline utama kita maka hanya
dengan satu frame saja, sebuah movie clip sudah bergerak sesuai dengan gerakan
yang dibuat di timeline movie clip tadi.
29. Layer dan dan frame merupakan bagian dari
timeline, jadi hubungan antara layer, frame dengan movie clip sama dengan
hubungan timeline dengan movie clip.



0 komentar:
Posting Komentar